PINTARIN.COM

5 TANAMAN INI PALING AMPUH MENYERAP POLUSI DI DALAM RUANGAN

Selasa, 30 Agustus 2016 - 23:52
Dracanea menyerap polusi lebih banyak dibanding tanaman hias lainnya (Thinkstock)

Polusi udara di dalam ruangan dapat membahayakan kesehatan kita. Senyawa volatil organik (VOC) yang berasal dari asap rokok, cat, furnitur, mesin printer atau fotokopi dan berbagai produk pembersih merupakan penyebab utama polusi di dalam ruangan.

Bangunan, entah baru atau lama, dapat memiliki tingkat VOC tinggi di dalamnya. Terkadang begitu tinggi hingga Anda dapat mencium aromanya. Menghirup sejumlah besar VOC dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka pendek maupun panjang, seperti pusing, kelelahan terus menerus, asma dan alergi.

Untuk menghilangkan senyawa kimia dalam udara, Anda bisa memanfaatkan tanaman hias yang ditempatkan di dalam ruangan. Ide menggunakan tanaman sebagai biofilter telah dipelajari sejak tahun 1980-an dan terbukti efektif, namun Anda tak bisa menggunakan sembarang tanaman. Studi terbaru menemukan bahwa lima jenis tanaman hias ini dapat menghilangkan senyawa berbahaya di udara lebih baik dibandingkan jenis lainnya.

1. Tanaman Dracanea
Anda mungkin sering menjumpai tanaman Dracaena di salon-salon kecantikan yang menyediakan layanan pengecatan kuku, sebab tanaman ini dapat menghilangkan aroma cat yang menyengat. Dengan batang-batang dan daun mengkilap, tanaman ini menyerap polusi lebih banyak dibanding tanaman hias lainnya.

2. Tanaman Jade
Tanaman ini juga dikenal sebagai pohon persahabatan, pohon keberuntungan, atau pohon uang. Perawatannya cukup mudah, dan yang terpenting, tanaman hias ini merupakan tumbuhan terbaik untuk menyerap polusi yang biasanya berasal dari cat ataupun thinner.

3. Lili Paris
Lili paris merupakan tanaman terbaik untuk menghilangkan etilbenzana, p-Xylenes, orthoxylene—senyawa yang ditemukan dalam tinta, karet, lem, cat dan furnitur. Tanaman ini dapat beradaptasi di banyak lingkungan, dan sering menghasilkan tunas-tunas baru, yang dapat dipindahkan ke tempat lain.

4. Bromelia
Tanaman dari suku nanas-nanasan ini biasanya memiliki warna cerah yang menarik. Bromelia merupakan penyerap terbaik benzena, senyawa beracun yang berasal dari asap kendaraan dan asap rokok. Tanaman ini juga efektif dalam menghilangkan berbagai VOC lainnya.

5. Kaktus Opuntia
Jenis kaktus ini menghasilkan bunga-bunga kecil dan tumbuh dengan baik di lingkungan yang banyak sinar mataharinya. Tanaman ini mampu menyerap etil benzena, p-Xylenes, aseton, benzena, toluena, dan orthoxylene.

***

Meskipun kelima tanaman ini berperan signifikan dalam meningkatkan kualitas udara berpolusi di dalam ruangan, namun tindakan yang terbaik adalah menyingkirkan sumber senyawa berbahaya tersebut. Asap rokok, misalnya, dapat melepaskan lebih dari 7.000 senyawa ke udara. Tanaman memang dapat menyerap sebagian senyawa tersebut, tetapi tidak mungkin menghilangkan semuanya dan aroma dari asap rokok itu sendiri.

Sumber: National Geographic Indonesia






BERITA LAINNYA