PINTARIN.COM

BERKAT KEJUJURANNYA, TUNAWISMA INI KINI PUNYA PEKERJAAN DAN TEMPAT TINGGAL

Sabtu, 03 September 2016 - 02:58
Foto: SWNS

Kata orang, kejujuran itu sekarang sudah langka. Namun, harus diingat, langka bukan berarti sama sekali tidak ada.

Kisah yang terjadi akhir Agustus 2016 ini adalah salah satu buktinya.

***

Pada suatu hari, seorang tunawisma yang bahkan tidak punya cukup uang untuk makan menemukan sebuah dompet. Di dalamnya terdapat uang yang sangat banyak. Apa yang dia lakukan? Dia mengembalikan dompet itu pada pemiliknya dan mendapatkan imbalan yang mungkin sama sekali tidak pernah dia duga sebelumnya.

***

Woralop, 44, adalah seorang tunawisma di Thailand. Dilansir BrightSide, dia memungut sebuah dompet di stasiun kereta bawah tanah. Dia melihat si pemilik dompet tak sengaja menjatuhkannya saat sedang ingin tidur di stasiun. Dia berusaha menyusulnya, tapi tidak terkejar.

Dompet itu ternyata berisi uang 20.000 baht (sekitar Rp7,5 juta lebih) dan sejumlah kartu kredit.

Waktu itu, di saku Woralop cuma ada beberapa koin, yang bahkan hampir tak cukup untuk membeli makanan.

Namun, Woralop tidak kalah oleh godaan yang sangat kuat. Bukannya memakai uang di dompet yang ditemukannya itu, dia justru membawanya ke kantor polisi. Oleh polisi, si pemilik dompet lalu dihubungi.

Adalah Niity Pongkriangyos, 30, seorang pemilik pabrik di Bangkok, si empunya dompet tersebut. Saat dihubungi polisi, dia jelas merasa lega.

"Saya sangat terkejut ketika polisi mengatakan bahwa mereka menemukan dompet saya, karena saya sendiri tidak sadar kalau dompet itu hilang. Reaksi pertama saya adalah 'wow'. Jika saya yang berada di posisinya (Woralop) dan tanpa uang, saya mungkin akan menyimpannya sendiri," kata Niity.

Niity sejatinya ingin memberikan sejumlah uang kepada Woralop sebagai wujud terima kasih. Namun, dia berubah pikiran. Dia merasa itu tidak cukup.

Niity akhirnya memutuskan memberi Woralop pekerjaan di pabriknya. Menurut Niity, Woralop adalah orang baik dan jujur, sosok staf yang dia butuhkan. Tak cukup sampai di situ, pengusaha yang baik hati ini juga menempatkan Woralop di sebuah flat untuk dia tinggali.

Kini, hidup Woralop berubah. Dia sekarang memiliki penghasilan 11.000 baht (Rp4,1 juta) per bulan dari gajinya sebagai pekerja di pabrik milik Niity. Dia juga kini tak perlu melalui malam dengan tidur di stasiun karena sudah punya tempat tinggal.

Kekasih Niity, yaitu Tarika, mengatakan: "Woralop adalah contoh, bahwa kebaikan benar-benar terbalas. Ketika Anda berbuat baik pada orang lain, maka orang lain juga akan melakukan yang sama pada Anda."

"Saya sangat bersyukur sudah diberi kesempatan untuk mengubah hidup saya ini jadi lebih baik. Sekarang saya memiliki kasur bersih untuk tidur, dan saya sangat bahagia," kata Woralop.

"Saya ingin berterima kasih pada Niity dan Tarika untuk kebaikan mereka berdua"

***

Hidupnya kini berubah total. Semua itu berkat kejujuran yang tetap dipegangnya meski sedang kesusahan.

Semoga bisa menjadi inspirasi bagi kita semua.






BERITA LAINNYA