PINTARIN.COM

BIKIN SENDIRI SABUN CUCI TANGAN DARI MINYAK ZAITUN DAN LEMON

Sabtu, 03 September 2016 - 00:42

Tangan kita ini, tanpa disadari, sering sekali bersentuhan dengan benda-benda yang membawa aneka kuman penyakit. Untuk menghindari penyebaran penyakit, WHO menyarankan cuci tangan dengan sabun, terutama sebelum-sesudah makan dan setelah bepergian.

Namun, sering mencuci tangan dengan sabun kadang juga ada efek sampingnya, yaitu dapat membuat kulit tangan kering. Bahkan, pemakaian sabun justru membuat pemilik kulit sensitif menjadi teriritasi.

Salah satu cara menghindarinya adalah mengganti sabun cuci tangan dengan bahan-bahan alami. Yang dimaksud bukan sabun dengan label bahan alami, tetapi benar-benar bahan alami. Kita pun bisa membuatnya sendiri, yakni dengan bahan minyak zaitun dan lemon. Begini cara bikinnya, seperti dilansir ehow.com.

Bahan:
1/2 cangkir air
1/2 cangkir sabun Castille (bisa dibeli di toko bahan kimia)
1 sendok makan minyak zaitun
20 tetes essential oil aroma lemon
Wadah penyimpanan dengan tutup model pompa.

Cara Membuat:
1. Masukkan air ke dalam wadah sesuai tekstur yang diinginkan, jika ingin yang lebih kental kamu bisa mengurangi takaran 1/2 cangkir air menjadi 1/4-nya.
2. Masukkan sabun Castille, aduk rata tetapi jangan sampai mengeluarkan busa.
3. Tambahkan 1 sendok makan minyak zaitun murni.
4. Terakhir, teteskan 20 tetes essential oil lemon yang berfungsi sebagai antiseptik dan memberikan aroma yang segar
5. Siap digunakan.

Kita bisa menggunakan 1-2 pompa setiap kali cuci tangan. Bilas dengan air bersih. Tangan akan bersih, tanpa membuat kulit kering.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

Sumber: ehow / Vemale




BERITA LAINNYA