PINTARIN.COM

MENGELUH MEMBUAT REZEKI MENJAUH

Selasa, 28 Februari 2017 - 20:44

Disadari atau tidak, manusia kerap berkeluh kesah dalam kehidupannya. Padahal, ini adalah satu kebiasaan buruk yang bisa membuat rezeki menjauh.

Rezeki itu datangnya dari Yang Maha Pemurah. Jumlahnya pun sudah ditetapkan dan tidak akan tertukar. Rezeki sendiri bisa jadi berupa harta materi, istri shalehah, serta anak-anak yang baik, taat dan patuh pada orang tua.

Ada beberapa kebiasaan yang dapat mencegah datangnya rezeki. Salah satunya adalah mengeluh.

1. Kebanyakan Mengeluh
Kebiasaan pertama yang ternyata tanpa disadari bisa menolak rezeki adalah terlalu banyak mengeluh. Banyak manusia yang tidak merasa puas dengan apa yang dimilikinya. Hal inilah yang menyebabkan banyak keluhan. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

Apa yang pantas kamu keluhkan?
bila kamu punya sepasang mata yang lengkap dan bisa menatap keindahan dunia, mata yang masih mampu memandang cahaya..

Apa yang pantas kamu keluhkan?
Bila kamu masih punya sepasang telinga yang lengkap dan bisa mendengar gemericik air serta nyanyian burung-burung..

Apa yang pantas kamu keluhkan?
Bila kamu masih punya sepasang tangan yang lengkap dan bisa menyentuh keindahan yang Allah ciptakan..

Apa yang pantas kamu keluhkan?
Bila kamu masih punya sepasang kaki yang lengkap dan bisa berjalan menuju kedamaian dan kebahagiaan..

Apa yang pantas kamu keluhkan?
Terlebih bila jantungmu masih berdetak dan nafasmu masih mampu berhembus.

2. Materialistis Alias Matre
Kebiasaan materialistis atau mengukur segala sesuatu dengan uang dan barang ternyata menjadi satu sikap yang bisa menolak rezeki. Orang yang memiliki sikap matre biasanya akan memandang rendah orang lain yang tidak memiliki kekayaan. Sementara itu, mereka akan memperlakukan orang kaya dengan sebaik-baiknya.

Padahal sebenarnya rezeki juga 'dititipkan' kepada orang yang lemah, miskin dan teraniaya. Memuliakan orang yang miskin dengan cara bersedekah kepada mereka bisa menjadi salah satu jalan untuk menderaskan rezeki.

Kebiasaan bersikap matre dapat membuat manusia mendewakan harta di atas segala-galanya. Hal ini tentu saja bisa menjerumuskan manusia tersebut pada syirik, dosa besar yang tidak akan diampuni.

Klik juga:
KETIKA RASA SYUKUR TERLUPAKAN

3. Makan Makanan Haram
Makanan haram saat ini tidak hanya sebatas daging babi, bangkai, darah, dan binatang yang disembelih dengan tidak menyebut nama-Nya. Akan tetapi, makanan yang bersumber dari rezeki yang tidak halal seperti korupsi, mencuri, nepotisme dan lain sebagainya juga termasuk ke dalam makanan haram.

Ternyata mengonsumsi makanan haram tersebut bisa menjadi salah satu kebiasaan yang tanpa disadari dapat menolak rezeki. Tubuh yang tumbuh dengan makanan haram, maka tidak akan malu untuk melakukan perbuatan yang diharamkan pula ketika mencari rezeki.

4. Terlalu Fokus Pada Dunia
Dunia memang senantiasa menawarkan kenikmatan bagi penghuninya. Kenikmatan tersebut terkadang bisa membuat si manusia terperdaya dan lupa bersyukur serta beribadah.

Dengan kesibukan mereka berfokus kepada dunia, membuat mereka lupa menabung amalan kebaikan untuk di akhirat kelak. Padahal kebiasaan yang demikian ini menjadi salah satu hal yang tanpa disadari bisa menolak rezeki. Bagaimana rezeki-Nya akan datang sementara kita tidak pernah mengingat-Nya dan mengerjakan segala perintah-Nya?

5. Tak Menjaga Badan
Kesehatan menjadi suatu hal penting yang harus dijaga. Banyak orang yang mungkin mengabaikan masalah kesehatan ini. Mereka dengan sengaja menelantarkan badannya untuk berobat ketika sakit, makan tidak teratur, malas berolahraga, merokok dan kebiasaan buruk lainnya.

Kebiasaan demikian ini menandakan bahwa ia tidak menjaga karunia dan rezeki yang diberikan. Badan ini diciptakan untuk mengabdi pada Ilahi, untuk ibadah dan amal saleh. Jika pemanfaatan badan dilakukan untuk hal-hal yang tak bermanfaat apalagi berhias dosa dan maksiat maka dijamin rezeki pun akan tertolak.

6. Kebanyakan Gosip
Bergosip menjadi salah satu kebiasaan yang marak terjadi saat ini. Tidak hanya di kalangan wanita, banyak pria juga yang gemar bergosip. Bahkan acara gosip di televisi selalu memiliki rating yang tinggi. Hal ini dikarenakan banyak orang yang ingin mengetahui tentang kehidupan orang lain.

Ketika bergosip, berarti orang tersebut telah menghabiskan waktu untuk mencela dan mempergunjingkan kehidupan orang lain. Ternyata kebiasaan ini tanpa disadari bisa menjaadi salah satu tanda bahwa kita menolak rezeki dari-Nya. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menghindari kebiasaan bergosip dan mulai memperbaiki diri.

7. Penggerutu dan Suka Marah
Orang yang gemar menggerutu biasa selalu merasa tidak puas dan tidak bisa memaafkan kesalahan orang lain. Bahkan ia bisa marah-marah sepanjang waktu karena merasa tidak puas dengan kondisi yang tengah dialami. Lain halnya dengan pengeluh yang komplain dengan rasa putus asa, si penggerutu ini akan memarahi dan menyalahkan orang lain atas nasib buruk yang tengah menimpanya.

Padahal sebenarnya, orang yang suka marah dan menggerutu termasuk dalam orang yang kufur. Yakni orang yang tidak menerima takdir-Nya yang telah terjadi kepadanya. Ia tidak bersyukur atas nikmat yang diterimanya karena mengganggap semua itu seperti masalah. Kebiasaan kufur yang demikian ini bisa menjadi salah satu penghambat datang rezeki.

8. Riya dan Suka Pamer
Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak orang yang suka memamerkan harta, benda dan amalan kebaikan yang dilakukannya. Hal ini dilakukan demi untuk mendapatkan pujian dari sesama manusia. Ia melakukan sedekah, shalat, haji dan ibadah lainnnya semata-mata hanya untuk ditunjukkan kepada manusia. Padahal seharusnya semua perbuatan tersebut harus diniatkan untuk ditujukan kepada-Nya. Kebiasaan riya dan pamer ini bisa menjadi salah satu hal yang tanpa disadari bisa menolak rezeki seseorang.

SEBAB-SEBAB TURUNNYA REZEKI
1 . Takwa
2. Istighfar dan taubat
3. Tawakkal
4. Menyambung tali silaturrahim
5. Berinfak
6. Menyambung haji dengan umrah
7. Berbuat baik kepada orang lemah.

Sumber: Dream / Eramuslim




BERITA LAINNYA