PINTARIN.COM

SATU-SATUNYA DI UJUNG TIMUR PULAU JAWA, PANTAI SYARIAH KHUSUS PEREMPUAN

Jumat, 03 Maret 2017 - 21:18
Ber-selfie dengan panorama Selat Bali. (Rendra Kurnia/Radar Banyuwangi/JPG)

Banyuwangi me-launching Pulau Santen menjadi pantai syariah pertama berkonsep halal tourism dan satu-satunya di ujung timur Pulau Jawa tersebut. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyatakan bahwa pemkab Banyuwangi terus mengembangkan destinasi wisata baru. Salah satunya menata kawasan Pulau Santen yang juga aset milik TNI-AD menjadi destinasi berkonsep pantai syariah.

Pantai syariah itu lebih dikhususkan bagi perempuan. Lelaki tidak diperkenankan masuk kawasan wisata pantai syariah tersebut.

Alasannya, seluruh petugas yang memberikan pelayanan di pantai syariah tersebut adalah perempuan dan berkerudung. ’’Ini hari terakhir (Kamis, 2/3) laki-laki datang ke pantai ini. Besok yang masuk ke tempat ini hanya khusus perempuan,’’ ujar Anas.

Klik juga:
PULAU ULAR ILHA DA QUEIMADA GRANDE, PULAU PALING MEMATIKAN SEDUNIA

Meski begitu, yang masuk di pantai syariah itu bukan hanya kaum muslim dan tidak harus berkerudung. Masyarakat umum nonmuslim juga diperbolehkan berkunjung. Konsep pantai syariah yang dimaksud adalah seluruh pengunjung di pantai tersebut berjenis kelamin perempuan.

Konsep pengembangan pantai syariah lainnya adalah seluruh kawasan pantai itu menyajikan makanan dan minuman halal. Selain itu, akan ada pemberitahuan menjelang waktu beribadah seperti peringatan suara azan, serta tempat bersuci lengkap dengan fasilitas tempat ibadah yang berkonsep pemisahan antara laki-laki dan perempuan.

’’Jadi, nanti ketika azan berkumandang, seluruh aktivitas di tempat ini harus berhenti. Boleh dilanjutkan kembali setelah azan selesai dan menunaikan salat bagi yang muslim,’’ jelas Anas.

Sumber: Jawa Pos




BERITA LAINNYA