PINTARIN.COM

TAK ADA HEWAN TERLANTAR DI NEGARA YANG SATU INI

Kamis, 08 September 2016 - 02:25

Kita sedang bicara tentang Belanda, negara yang dikenal memiliki proyek-proyek ambisius, yang bahkan sanggup memukau banyak orang di seluruh dunia. Proyek-proyek itu pun tak cuma terfokus pada kesejahteraan manusianya, tapi juga hewan.

Dilansir BrightSide, berikut adalah 7 fakta unik tentang Belanda yang mungkin patut dicontoh oleh negara-negara lain.

1. Satu-satunya negara di mana tak ada hewan piaraan yang terlantar
Baru-baru ini, pemerintah setempat secara resmi mengkonfirmasikan bahwa tidak ada kucing atau anjing yang terlantar di Belanda. Mereka pun berhasil melakukannya tanpa membahayakan hewan. Guna menjamin hak-hak mereka, pihak berwajib membuat hukum yang ketat tentang kekerasan terhadap hewan.

2. Belanda memiliki jalur sepeda bertenaga surya pertama di dunia
Proyek yang disebut SolaRoad ini merupakan hasil kolaborasi antara pemerintah, sektor swasta, dan akademisi. Bagian pertama dari jalan ini dibuka pada tahun 2015. Panjangnya hanya 100 m, tapi ini merupakan terobosan besar dalam pembangunan jalan masa depan. Ide utama dari proyek ini adalah bahwa tenaga surya dari jalan digunakan untuk penerangan jalan-jalan dan pengisian ulang baterai kendaraan listrik.

3. Pos pengisian ulang baterai untuk mobil listrik hanya berjarak 50 m antara satu sama lain
Salah satu kekuatan dari Belanda adalah sistem transportasi yang berkelanjutan. Itu sebabnya dalam upaya untuk berhenti menggunakan kendaraan bertenaga bensin dan dan diesel, negara ini menyediakan banyak titik pengisian ulang baterai dibuka bagi warga yang mengendarai mobil listrik.

4. Di Belanda ada sebuah kota di mana tidak ada seorangpun mengendarai mobil
Kota Houten dianggap tempat teraman di dunia. Pada awal tahun 1980-an, 4000 warga kota membuat keputusan untuk mendorong semua orang di kota untuk mulai bersepeda lebih dibanding menggunakan mobil. Dan, langkah demi langkah, semua warga terbiasa naik sepeda.

5. Pihak berwenang akan melarang penjualan kendaraan bertenaga bensin dan disel
Mobil bertenaga bensin dan diesel tidak akan lagi tersedia di Belanda pada tahun 2025. Selain itu, pemilik mobil dengan bahan bakar alternatif tidak harus membayar pajak kendaraan bermotor. Dengan cara ini, mobil-mobil ramah lingkungan menjadi 15.000 Euro (setara Rp220 juta) lebih murah.

6. Belanda terus menutup penjara karena kurangnya tahanan
Sejak beberapa tahun lalu, pemerintah Belanda mulai mengambil langkah-langkah serius untuk mengurangi kejahatan di negara ini, dan hasilnya ternyata sangat sukses. Karena kurangnya tahanan, 19 penjara telah ditutup sejak 2009. Menurut laporan terakhir, rata-rata tingkat penahanan di Belanda adalah sekitar 163 orang per 100.000, kurang dari setengah rata-rata tingkat penahanan di Brasil.

7. Di Belanda ada ecoducts - penyeberangan satwa liar untuk hewan yang hidup di hutan
Tugas utama lain dari pemerintah Belanda adalah perlindungan hewan liar. Oleh karena itu, beberapa perlintasan satwa liar dibangun untuk memungkinkan hewan untuk menyeberang jalan raya dengan aman dari satu bagian hutan yang lain.

Sumber: BrightSide / Intisari Online




BERITA LAINNYA