Generate file : /sitefiles/pintarin/detail/anak-anak-suku-ini-namanya-unik-dari-google-pistol-hingga-south-korea.html ANAK-ANAK SUKU INI NAMANYA UNIK, DARI GOOGLE, PISTOL HINGGA SOUTH KOREA
PINTARIN.COM

ANAK-ANAK SUKU INI NAMANYA UNIK, DARI GOOGLE, PISTOL HINGGA SOUTH KOREA

Kamis, 19 Mei 2016 - 14:45
Foto: Twitter/MakeMyTrip

Sumber: Intisari-Online

Anak-anak suku Hakki Pikki di desa Bharadpur, India, memiliki nama-nama yang sangat aneh yang merupakan gabungan dari nama-nama yang ada di dunia. Ada Google, ada Coffee, ada Pistol, ada Coke, ada Japan, ada Elizabeth, ada Sugar, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bharadpur terletak di negara bagian Karnataka, India. Selama beberapa dekade, warga Hakki Pikki memulai ritual penamaan anak-anak dengan menggunakan berbagai frasa sehari-hari hingga nama-nama selebriti.

Selama beradab-abad, suku Hakki Pikki hidup terisolasi di sebuah hutan di wilayah tengah India. Namun, akibat urbanisasi dan meningkatnya jumlah penduduk, keterisolasian dan kehidupan nomaden warga suku itu berubah selamanya.

Berada di kehidupan baru dan lingkungan yang padat, sejumlah warga suku ini meninggalkan semua kebiasaan lama mereka. Namun, sebagian besar warga Hakki Pikki berusaha beradaptasi dan malah mencoba menciptakan sebuah budaya hybrid.

Pada abad ke-19, saat masih tinggal di dalam hutan, suku Hakki Pikki adalah pemburu hebat dan memberi nama para pahlawan besar untuk anak-anak mereka. Ratusan tahun kemudian, situasi berubah. Suku ini sudah berpindah lebih jauh ke selatan dan menjadi pencuri untuk bertahan hidup di dunia yang berubah. Seketika, Hakki Pikki dikenal sebagai suku yang sangat piawai dalam urusan mencuri.

Dalam sebuah upaya untuk menghilangkan stigma sebagai suku pencuri, pada 1970-an, para orangtua di Hakki Pikki memberi nama anak-anak mereka dengan istilah-istilah yang sedang populer di dunia saat itu. Maka dari itu, muncul nama-nama baru dan tak lazim semacam Coke, Pistol, British, Compound, dll.

Pada dekade 1980-an, cara menamai anak ikut berubah. Suku ini mulai mengadopsi nama selebriti dunia hingga makanan kesukaan mereka, bahkan nama lapangan tempat anak-anak mereka bermain. Kini, warga desa itu memiliki nama-nama lucu, mulai dari Google, High Court, Mysore Park, Congress, North Korea, Government, South Korea, Sugar, Coffee, dan Military.

Bahkan, pengadilan setempat memberi izin para orangtua Hakki Pikki memberikan nama-nama aneh untuk anak mereka. Alhasil, dalam surat izin mengemudi, paspor, KTP, hingga kartu pemilih untuk pemilu dihiasi nama-nama lucu dan unik. Jadi, sangat mungkin terjadi di desa kecil di India ini North Korea dan South Korea duduk berdampingan dan tak bermusuhan.




BERITA LAINNYA